JURUSAN di Kampus PKN STAN

Secara umum jurusan di kampus PKN STAN tidak memandang background kamu apakah dari jurusan IPA, IPS, Madrasah atau sekolah kejuruan. Jadi kalian jangan khawatir apakah bisa mengikuti pelajaran di PKN STAN atau tidak.  Kuliah di PKN STAN artinya kalian akan mempelajari semua dari nol.

Tahun pertama kalian akan mempelajari semua dasar dasar yang dibutuhkan masing masing jurusan. Hampir semua jurusan mempelajari mata kuliah yang sama di tahun awal seperti Pengantar Akuntansi, Pengantar Perpajakan, Pengantar Ilmu Ekonomi, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Komputer, Statistika, Etika Profesi PNS, Budaya Nusantara, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Pada tahun kedua perkuliahan mulai menjurus sesuai jurusan masing masing dan tahun ke ketiga akan lebih mendalami ilmu spesialisasi masing-masing dan mencoba mempratekkannya. Praktek ilmu yang telah kalian pelajari dilakukan dalam bentuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) di kantor-kantor/ instansi pemerintahan.

Perbedaan antara DI dan DIII yaitu :

  • Jangka waktu perkuliahan yang lebih singkat untuk DI yaitu 1 Tahun sedangkan DIII 3 tahun. Disarankan untuk kalian yang ingin cepat kerja maka lebih baik memilih jurusan DI. Selain itu DI juga meminimalkan kalian dari ‘Drop Out’ karena Cuma 2 semester sedangkan D3 6 semester yang akan kalian lalui dengan “was-was”.. hehe
  • Golongan PNS untuk tamatan DI adalah 2a sedangkan untuk DIII adalah 3c. dari segi gaji ketika bekerja memang lebih banyak untuk tamatan DIII.
  • Untuk tamatan DI bisa lanjut lagi DIII di kampus PKN STAN setelah 2 tahun bekerja sedangkan untuk tamatan DIII bisa lanjut ke DIV di kampus PKN STAN dengan minimal bekerja 2 tahun juga. tentunya hal tersebut melalui tes lagi..
  • Masa ikatan dinas untuk tamatan DI adalah 4 tahun sedangkan untuk D3 adalah 10 tahun

 

Berikut penjelasan masing masing spesialisasi di kampus PKN STAN:

  1. Spesialisasi DI Kebendaharaan

Lama pendidikan                : 1 Tahun (2 Semester)

Materi yang dipelajari         : Perencanaan Kinerja Anggaran, Perencanaan Anggaran,   Pelaksanaan Pendapatan Negara, Sistem Penganggaran, Pengelolaan Keuangan Daerah, Pelaksanaan BelanjaNegara,

Penempatan kerja               : Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), Direktorat Jenderal     Perimbangan Keuangan (DJPK), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Pembiayaan dan risiko (DJPPR)

Tentang jurusan                   :Secara umum kalian akan mempelajari tentang uang yang masuk ke negara (Pendapatan Negara) dan uang yang keluar dari kas negara (Belanja) atau apa yang kita sebut sebagai APBN. Selain itu di spesialisasi ini  kalian akan belajar pajak tapi tidak semendalam anak pajak itu sendiri. Disini juga belajar bagaimana efesiensi belanja negara dan pertanggungjawaban penggunaan uang negara. Di jurusan ini kalian akan banyak sekali menghapal karena semua based on peraturan. Jurusan ini sangat cocok buat kalian yang tidak terlalu suka hitungan dan suka menghapal. Fyi jurusan ini Cuma ada di kampus PKN STAN lo, berbeda dengan jurusan akuntansi dan pajak yang ada di beberapa kampus lain.

  1. Spesialisasi DI Pajak

Lama pendidikan              : 1 Tahun (2 Semester)

Materi yang dipelajari       : Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak Penghasilan, Pajak Penghasilan Pot-Put, Pajak Pertambahan Nilai, Penagihan dan Sengketa Pajak, Pengantar Hukum Pajak

Penempatan kerja            : Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Tentang Jurusan               : Jurusan ini menyiapkan kalian untuk menjadi aparatur pemerintah di bidang perpajakan. Diantara sekian banyak spesialisasi di PKN STAN, spesialisasi pajak terbilang memiliki banyak peminat.

  1. Spesialisasi DI Kepabeanan dan Cukai

Lama pendidikan              : 1 Tahun (2 Semester)

Materi yang dipelajari       : Keterampilan Komputer dan Pengenalan SAP KC, Pengadaan Barang dan Jasa, Pengantar Kepabeanan, Pengantar Cukai, Pengawasan dan Penindakan Kepabeanan dan Cukai, Pengetahuan dan Identifikasi Barang, Teknis Cukai, Teknis Kepabeanan, Teknis Kepabeanan Penerimaan, Pengantar Teknis Perdagangan Internasional

Penempatan kerja           : Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Tentang jurusan               : Perkuliahan di jurusan bea cukai sistemnya agak semi militer, karena nanti bisa aja ditempatkan di pelabuhan atau daerah perbatasan sehingga mungkin akan menghadapi penyelundup secara langsung. Spesialisasi DI Kepabeanan dan Cukai terdiri dari pria dan Wanita, berbeda dengan spesialisasi DIII Kepabeanan dan Cukai yang hanya terdiri dari pria saja. Ada syarat khusus untuk masuk ke spesialisasi ini yaitu:

  1.   Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
  2.   Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
  3.    Tidak cacat badan;
  4.   Tidak buta warna; dan
  5.   Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri. 

4. Spesialisasi DIII Kebendaharaan Negara

Lama Pendidikan               : 3 Tahun (6 Semester)

Materi yang dipelajari         : Ekonomi Mikro, Ekonomi Mikro, Bank dan Lembaga Keuangan, Pengantar Ekonometrika, Akuntansi Biaya, Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen Proyek, Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Perencanaan Kinerja Anggaran, Sistem Penganggaran, Pelaksanaan Pendapatan Negara, Pngelolaan Keuangan Daerah, Pelaksanaan Belanja Daerah, Akuntansi Keuangan Pemerintah Pusat, Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Pengelolaan kas Negara, Pengelolaan Investasi Pemerintah, Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah, Pengelolaan Barang Milik Negara, Pengelolaan Utang, Pengelolaan Keuangan BLU, Monitoring dan Evaluasi Anggaran, dan Hukum Perdata.

Penempatan kerja              : Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Direktorat  Jenderal Perbendaharaan (DJPB), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), dan instansi di luar Kementerian Keuangan

Tentang jurusan                 : Perbedaan antara DI KBN dan DIII KBN yang paling mencolok adalah jangka waktu perkuliahan. Di jurusan ini kalian dituntut untuk kuat menghapal peraturan peraturan yang selalu berubah ubah bahkan ada yang berubah setiap tahun contohnya Undang-Undang APBN hehe.

  1. Spesialisasi DIII Pajak

Lama Pendidikan               : 3 Tahun (6 Semester)

Materi yang dipelajari:        : Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Keuangan Menengah, Analisis Laporan Keuangan, Audit Keuangan Sektor Komersial, Hukum Keuangan Negara, Keuangan Publik, Manajemen, Manajemen Keuangan, Proses Bisnis Wajib Pajak, Akuntansi Perpajakan, Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak Penghasilan, Pajak Potongan dan Pungutan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Bumu dan Bangunan, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pemeriksaan Pajak, Penagihan dan Sengketa Pajak, PPnBM, Pajak Internasional, Hukum Perdata dan Komunikasi Bisnis.

Penempatan Kerja             : Sekitar 90% lebih di Direktorat Jenderal Pajak, Selebhnya di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuagan (DJPK).

Tentang Jurusan                : Spesialisasi ini merupakan salah satu jurusan dengan minat terbanyak. Di spesialisasi ini antara antara hitungan dan hapalannya “balance”. Hitungan yaitu saat kalian memperhitungkan hutang pajak dan  pengerjjaan soal akuntansi sedangkan hapalannya yaitu kalian harus menghapal peraturan-peraturan perpajakan. Masing masing jenis pajak punya undang-undangnya tersendiri.

  1. Spesialisasi DIII PBB/Penilai

Lama Pendidikan               : 3 Tahun (6 semester)

Materi yang dipelajari         : Matematika, Ilmu Ukur Tanah, Sistem Informasi Geografi, PWK (Planologi), Teknologi Bangunan, Pemeliharaan Bangunan, Penilaian SDA

Penempatan kerja              : Mayoritas di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), beberapa di Direktorat Jenderal Pajak

Tentang Jurusan                : Banyak yang bilang kalau ini merupakan jurusan Teknik nya di PKN STAN karena mata kuliahnya kebanyakan berhubungan dengan hitungannya. Kerjaannya pun banyak di lapangan. Bagi kalian yang hobi kerja lapangan maka jurusan ini paling cocok. Nanti setelah lulus kamu akan kerja menilai aset aset negara. Seperti menilai bangunan dan barang milik negara lainnya

  1. Spesialisasi DIII Kepabenan dan Cukai

Lama Pendidikan                 : 3 Tahun (6 semester)

Materi yang dipelajari           : Klasifikasi Barang, Pengantar Cukai, Pengantar Kepabeanan, Pengawasan dan Penindakan Kepabeanan dan Cukai, Pengetahuan dan Identifikasi Barang, Teknis Cukai, Teknis Kepabeanan, Teknis Kepabeanan Penerimaan, Manajemen, Akuntansi Biaya, Audit Kepabeanan dan Cukai, Audit Kepabeanan dan Cukai II, Kepabenan Internasional, Ketentuan barang Larangan dan Pembatasan, Manajemen Risiko Kepabeanan dan Cukai, Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai, Pengetahuan dan Identifikasi Barang, Teknik Perdagangan Internasional dan Hukum Perdata

Penempatan kerja               : Mayoritas di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai namun ada beberapa orang yang ditempatkan di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan

Tentang jurusan                   : Spesialisasi ini hanya diisi oleh laki-laki. Syarat tambahan untuk bisa masuk jurusan ini adalah tinggi badan 165 cm,  menggunakan kacamata dengan minus/plus/silindris maksimal di angka 2 dioptri, dan tidak boleh cacat badan. Syarat tersebut diperlukan karena ketika bekerja nanti petugas bea cukai harus memiliki ketangkasan dalam memeriksa barang-barang yang mencurigakan khususnya di bagian imigrasi. Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai memiliki seragam yang berbeda dengan spesialisasi lain, hmm kebayangkan kerennya orang-orang di spesialisasi ini.

  1. Spesialisasi DIII Manajemen Aset

Lama Pendidikan                : 3 tahun (6 semester)

Materi yang dipelajari         : Ekonomi Makro, Pengantar Pengelolaan Keuangan, , Manajemen, Manajemen Keuangan, Hukum Perusahaan, Hukum Pertanahan, Hukum Perdata, Pengurusan Piutang Negara, Eksekusi PUPN, Pengetahuan Lelang, Risalah dan Administrasi Lelang, Penilaian Aset dan Properti, Penilaian Usaha, Pengelolaan BMN, Pengelolaan Kekayaan Negara dipisahkan, Aplikasi SIM Kekayaan Negara, Manajemen Risiko Pengelolaan, Peradilan TUN,

Penempatan Kerja              : Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Tentang Jurusan                 : Berkaitan dengan kepengurusan aset-aset negara.

  1. Spesialisasi DIII Akuntansi

Lama Pendidikan                  : 3 Tahun (6 Semester)

Materi yang dipelajari            : Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Keuangan Publik  Lab Pengantar Akuntansi, Manajemen, Manajemen Keuangan, Pengantar Pengelolaan Keuangan Negara, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Pemerintahan, Audit Keuangan Sektor Komersial, Audit Sektor Pemerintah, Sistem Informasi Akuntansi, Komputer Audit dan Hukum Perdata

Penempatan Kerja                : Flexible bisa di seluruh instansi baik kementerian keuangan atau non kementerian keuangan

Tentang Jurusan                   : Secara umum, yang dipelajari di spesialisasi Akuntansi PKN STAN dan di akuntansi di universitas lain ga jauh beda. Namun di PKN STAN ada tambahan mata kuliah di bidang pemerintahan. Penempatan kerja untuk spesialisasi ini hampir bisa ke instansi manapun.

Administrator