Jiwa Baru PKN STAN. Kemenkeu dan Non Kemenkeu, Apa Bedanya?

Hai Calon Stanner,

Ada yang menarik nih yang terjadi pada SPMB PKN STAN Tahun 2018 kemarin, para pendaftar diminta untuk memilih program perkuliahan mereka yaitu, Kemenkeu atau Non Kemenkeu. Nah banyak para pendaftar yang masih bingung apa sih bedanya dan apa pengaruhnya terhadap si pendaftar?. Nah simak ya penjelasan berikut, karena kemungkinan besar program ini masih akan digunakan pada SPMB 2019.

Perbedaan mendasar yang membedakan program Kemenkeu dan Non Kemenkeu adalah di instansi mana nantinya kalian akan bekerja.

Pertama, Program Kemenkeu

lulusan dari program ini nantinya akan bekerja pada kantor pusat dan kantor-kantor vertikal instansi dibawah Kementerian Keuangan. Berikut adalah instansi-instansi dibawah Kementerian Keuangan yang sebagian besar lulusan PKN STAN ditempatkan:

1. Direktorat Jenderal Anggaran

2. Direktorat Jenderal Pajak

3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

4. Direktorat Jenderal Perbendaharaan

5. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

6. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan

7. Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko

8. Badan Kebijakan Fiskal

9. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan

 

Gambar Struktur Organisai Kementerian Keuangan

Sumber : www.kemenkeu.go.id

 

Kedua, Program Non Kemenkeu

Sebenarnya program bukanlah hal baru bagi alumni dari PKN STAN khususnya jurusan Akuntasi. Karena ternyata dari dulu lulusan PKN STAN juga sudah ditempatkan di instansi di luar Kemenkeu, namun hanya di dua instansi saja yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tahun 2016 Menteri Perhubungan meminta lulusan PKN STAN untuk ditempatkan Instansi dibawah Kementerian Perhubungan. Mulai tahun 2017, lulusan Akuntansi PKN STAN diminta oleh lebih banyak K/L lainnya. Sampai saat ini lulusan PKN STAN sudah bekerja pada 26 K/L diluar Kementerian Keungan. Beberapa diantaranya :

1. Kementerian Perhubungan

2. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

3. Kementerian Petahanan

4. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

5. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

6. Kementerian BUMN

7. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

8. Badan Pemeriksa Keuangan

9. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan

10. Bappenas

11. Badan Narkotika Nasional

12. Badan Ekonomi Kreatif

Dan masih banyak lainnya

Karena banyaknya permintaan dari instansi lain diluar Kemenkeu, maka dari itu PKN STAN membuatkan Program khusus yaitu non Kemenkeu, untuk nantinya lulusannya akan bekerja pada K/L di luar Kementerian Keuangan

 

Mana yang Lebih Baik ?

Tentu banyak dari kalian yang bertanya, mana sih program yang lebih baik, kemenkeu apa non kemenkeu? Tentunya hal ini kembali lagi ke pribadi masing-masing ya. Namun kita akan bocorin sedikit nih kelebihan dan kekurangan dari 2 program tersebut. Secara Gaji dan Tunjangan, Kementerian Keuangan adalah yang terbesar untuk saat ini, namun, lulusannya akan ditempatkan di berbagai kantor vertikal di seluruh Indonesia. Jadi kalian harus siap ya ditempatkan dimana saja, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Untuk lulusan PKN STAN pada Program non Kemenkeu, memang gaji dan tunjangannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Kementerian Keuangan, namun sebagian besar instansinya tidak memiliki kantor vertikal, sehingga lulusannya hanya bekerja di kantor pusatnya saja di kota Jakarta.

Nah jadi kalian apa nih?

Tim Kemenkeu apa Non Kemenkeu?

 

Administrator